Target 2012

Halo semuanya, setelah sekian lama disibukan dengan pekerjaan dan berbagai proyek saya baru bisa menulis lagi kali ini. Kali ini saya tidak akan membahas tutorial, agenda saya kali adalah saya akan menuliskan target saya di tahun 2012. Namun sebelumnya saya akan melakukan review mengenai target di tahun sebelumnya, yakni 2011.
Di tahun 2011 ada beberapa aplikasi atau perangkat lunak yang telah saya selesaikan ada pula yang baru sebagian dan ada yang sama sekali belum saya kerjakan. Hal ini disebabkan oleh adanya proyek yang membutuhkan implementasi yang super cepat sehingga menyebabkan beberapa pekerjaan terpaksa saya pending. Adapun rincian beberapa aplikasi yang ada di target 2011 adalah sebagai berikut :
  1. GARIS (SIMARSIP) , pengerjaannya telah mencapai 99% dari yang telah diharapkan, namun karena suatu hal yang mengganjal dipikiran saya maka saya berencana membuat versi paling baru yaitu 2.0 (dan menjadi tugas saya di tahun 2012 ini). Dengan adanya penambahan fitur dan penyesuaian dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  2. SIMRS, atau dalam bahasa komersilnya Venus iMedis. Pengerjaannya baru 10% dari keseluruhan modul yang ada dan modul yang telah dibuat dan diimplementasikan adalah pendaftaran. Kemungkinan pengerjaan aplikasi ini akan memakan waktu cukup lama karena modul yang akan dibuat cukup banyak, namun saya harap dapat selesai tahun ini.
  3. SIMGAJI, perombakan total dari sistem penggajian ini mengalami penundaan karena belum ada waktu untuk memulainya. Tapi mudah-mudahan dapat cepat terlaksana.
  4. ACIS, apalagi untuk aplikasi yang satu ini saya belum ada gambaran kapan akan segera terwujud, kemungkinan akan mengalami penundaan yang cukup lama. Tapi mudah-mudahan akhir tahun 2012 bisa dimulai.
Kemudian selanjutnya akan saya uraikan apa saja aplikasi yang akan saya kerjakan untuk tahun 2012 ini. Dilihat dari pengalaman tahun sebelumnya maka saya tidak akan menuliskan terlalu banyak target untuk tahun 2012, adapun uraian yang akan menjadi target saya ditahun 2012 adalah sebagai berikut :
  1. GARIS (SIMARSIP), seperti yang telah saya uraikan diatas saya akan membuat versi 2.0 untuk aplikasi ini. Modul atau fitur yang harus ada pada versi 2.0 adalah sebagai berikut :
    • Penyesuaian dengan peraturan Pengarsipan di Pemerintahan
    • Pengembangan dan Penambahan Fitur untuk Standar Harga, dimana pada versi sebelumnya standar harga dikhususkan hanya untuk Standar Harga untuk Perjalanan Dinas, untuk versi terbaru akan diperluas cakupannya untuk standar harga barang lainnya.
    • Pada versi sebelumnya adanya segmentasi tiap-tiap versi, misalnya untuk GARIS yang diimplementasikan di DPRD dengan di Dinas Lain  seperti Dinas Kesehatan dan RSUD mempunyai perbedaan dalam hal fitur. Oleh karena itu pada versi terbaru harus dipikirkan bagaimana agar bisa diperbaiki ke konsistenan fitur agar bisa mencakup seluruh Dinas. Hal ini diperlukan agar kontrol terhadap versi menjadi tidak membingungkan.
  2. SIMRS, yang jelas untuk aplikasi yang satu ini menjadi prioritas utama saya karena progress yang dihasilkan pada tahun 2011 sangat sedikit. Mudah-mudahan untuk fitur-fitur maupun modul yang belum dibuat dapat cepat terlaksana dan selesai sebelum akhir tahun ini.
  3. SIMGAJI, untuk mempercepat waktu pengerjaan aplikasi ini saya akan mengambil core Kepegawaian yang ada dalam Aplikasi GARIS dan melakukan penambahan sedikit-sedikit untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi penggajian ini. Namun dalam pengerjaannya diperlukan kehati-hatian karena kesalahan perhitungan gaji dapat merugikan perusahaan maupun pemerintah daerah yang menggunakan aplikasi ini. Kesalahan dapat terjadi pada saat proses pembulatan gaji (khususnya untuk penggajian PNS), kesalahan pembulatan tidak akan terasa jika dapat pegawai yang dilihat sedikit, hal ini akan terasa jika data pegawai sudah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu. Maka dari itu pengerjaan penggajian ini tidak bisa dilakukan cepat, karena dibutuhkan testing dengan data yang cukup banyak untuk menghindari kesalahan perhitungan seperti diatas.
  4. ACIS, untuk aplikasi ini saya rasa di tahun 2012 saya pending dulu kalaupun cukup waktu akan saya coba kerjakan, jika tidak ada waktu terpaksa saya pending sampai tahun 2013
  5. Integrated Project Management System (iProject), yaitu suatu sistem aplikasi pengolahan data proyek dan pembuatan dokumen proyek yang sangat dibutuhkan dalam keberlangsungan suatu proyek. Prosesnya pengerjaannya tinggal sedikit lagi. mudah-mudah jika tidak ada penambahan pembuatan aplikasi terbaru saya akan mencoba menyelesaikannya sebelum pertengahan tahun ini.
Saya rasa cukup sekian uraian singkat mengenai target saya di awal tahun 2012 ini. Saya membuat ini bukan karena untuk pamer, tetapi tidak lebih hanya sekedar sharing, introspeksi pada diri saya sendiri serta supaya ada catatan tentang apa yang sedang dan akan saya kerjakan. Terima kasih semoga kita dapat berjumpa dilain waktu.

Wassalam,
Muhamad Wibawa