Tutorial : Belajar Android

Kali ini kita akan belajar pemograman Android. Pada dasarnya Android SDK atau Google Android SDK menggunakan bahasa pemogramman java, jadi untuk para programmer java hal ini merupakan suatu keuntungan, apalagi yang telah terbiasa dengan java mobile application (J2ME).
Android SDK merupakan tools atau development kit yang dikembangkan oleh Google, berbasis Java dan diperuntukan pengembangan aplikasi berbasis mobile phone. Salah satu kelebihan SDK ini adalah gratis, open source dan mudah digunakan, sama halnya seperti bahasa pemogramman java. Untuk lingkup pengembangan android ini dibangun sesuai dengan sistem operasi Android itu sendiri. Kemudian tools apa saja yang dibutuhkan untuk membangun suatu aplikasi berbasis android ini, mari kita simak bersama-sama seperti dibawah ini :
  1. Eclipse IDE
  2. Android Development Tools (ADT)  Eclipse Plugins
  3. Android SDK


Para programmer tentu semuanya telah paham bahwa untuk mengembangkan aplikasi kita harus menggunakan IDE (Integrated Development Environment), nah untuk android ini sampai saat ini hanya bisa menggunakan Eclipse IDE. Untuk mendapatkan Eclipse IDE ini silahkan kalian download disini. Pilih "Pulsar for Mobile Developers", karena yang kita butuhkan memang hanya untuk mobile application dan versi yang terbaru sampai saat ini adalah versi 3.6 (Helios).
Setelah selesai mendownload tools diatas silahkan jalankan Ecplise tersebut, kemudian selanjutnya kita akan mendownload plugins ADT eclipse Plugins. Silahkan ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini :
  1. Jalankan Eclipse, kemudian pilih Help > Install New Software....
  2. Klik tombol Add, dikanan atas
  3. Pada kotak dialog "Add Repository" yang muncul, masukan "ADT Plugin" untuk Name dan lokasi url seperti terlihat dibawah ini :
    https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/
    Note: Jika terjadi kesalahan atau kesulitan pada saat download menggunakan alamat url dengan "https", silahkan gunakan "http".
    Klik OK.
  4. Pada kotak dialog "Available Software", pilih checkbox pada tulisan "Developer Tools" kemudian klik tombol Next.
  5. Pada jendela setelahnya, kalian akan melihat daftar tools yang dapat kalian download. Klik Next.
  6. Baca dan klik checkbox "accept the license agreements", kemudian klik tombol Finish.
  7. Jika instalasi telah selesai restart Eclipse
  8. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai instalasi ADT ini silahkan lihat di website ini  http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html
Langkah selanjutnya adalah download Android SDK, untuk mendapatkan tools tersebut silahkan download di halaman berikut ini. SDK tersebut merupakan starter packages, dalam arti Google hanya menyediakan tools standard pada package tersebut. Untuk mendapatkan tools-tools lainnya, kalian harus melakukan update pada Eclipse yang telah dijalankan. Caranya klik Windows > Android SDK and AVD Manager, kemudian pilih Available Packages pada kotak dialog yang muncul. Jika muncul error "Android SDK and AVD Manager path not configure", silahkan klik Windows > Preferences, pada kotak dialog yang mucul klik android kemudian pada bagian SDK Location, klik tombol Browse di kanan atas, pilih folder / path starter pack android SDK yang telah didownload. Agar kalian dapat bekerja offline sebaiknya download semua packages yang tersedia (termasuk contoh dan dokumentasinya), namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendownload.
Untuk hari ini saya cukupkan sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat jika kalian mengalami kesulitan silahkan beri komentar atau hubungi saya di email : wibawamw@gmail.com


Wassalam,
Muhamad Wibawa