GARIS

Kali ini kita akan membahas aplikasi GARIS (Goverment Archieves Information Systems).Seperti yang telah diuraikan sebelumnya aplikasi ini dapat digunakan untuk pengelolaan arsip-arsip yang ada disuatu dinas atau instansi pemerintahan. Logo disamping merupakan logo untuk aplikasi kita kali ini, alasan saya memilih logo ini karena logo ini merepresentasikan suatu yang sangat indah serta memberikan warna yang cerah bila ditampilkan di halaman muka.
Bahasa pemograman yang saya gunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Java, kenapa ? karena java menurut saya mudah dan banyak yang mengimplementasikannya. Selain itu saya menggunakan database  PostgreSQL. Kedua tools diatas memberikan sesuatu yang sangat baik untuk pengembangan aplikasi, dan yang terutama gratis.

Berikut ini saya tampilkan screen shoot terakhir dari aplikasi GARIS, silahkan anda lihat

Halaman Muka dan Login

Untuk aplikasi GARIS ini saya membuat 2 Versi, yang pertama adalah versi aplikasi GARIS Standard dan aplikasi GARIS XP (Spesial atau khusus). Perbedaan kedua versi tersebut adalah untuk versi yang XP tidak ada fitur untuk menyimpan Surat Keputusan (SK) dan Peraturan Daerah (Perda).
Adapun fitur-fitur yang akan diimplementasikan pada kedua aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Master data Pegawai
  2. Master data Bagian / Bidang
  3. Master data Standard harga
  4. Master data Program & Kegiatan
  5. Master data Rekening / Akun
  6. Master data Anggaran
  7. Input Surat Masuk
  8. Status Surat Masuk
  9. Input Surat Keluar
  10. Status Surat Keluar
  11. Input Surat Keputusan (SK) 
  12. Input Peraturan Daerah (Perda)
  13. Input Surat Tugas
  14. Input Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)
  15. Input Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas (LPPD)
  16. Input Kwitansi Pembayaran
  17. DUK (Daftar Urutan Kepangkatan)
  18. Laporan Surat Masuk
  19. Laporan Surat Keluar
  20. Daftar Surat  Keputusan
  21. Daftar Perda
  22. Daftar Perjalanan Dinas
  23. Laporan Realisasi Anggaran
Informasi mengenai aplikasi GARIS ini saya cukupkan dulu sampai disini, saya akan kembali memberikan informasi mengenai perkembangan aplikasi ini pada tulisan saya yang lain.

Wassalam,
Muhamad Wibawa


Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah