Perkembangan Aplikasi GARIS

Kali ini kita akan membahas perkembangan aplikasi GARIS (Goverment Archieves Information Systems). Aplikasi GARIS saat ini sedang diimplementasikan di Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan tepatnya di Sekretariat DPRD. Untuk bulan berikutnya kemungkinan aplikasi ini akan diimplementasikan di Dinas Kesehatan masih di Kabupaten tersebut.
Aplikasi ini telah memasuki versi 1.0.3 dengan beberapa penambahan-penambahan yang cukup signifikan, dan kemungkinan besar akan mengalami penambahan-penambahan lainnya jika suatu saat dibutuhkan. Memang pada versi-versi sebelumnya belum ditambahkan nama versi seperti yang sekarang ini, hal ini dilakukan agar terlihat perkembangan dan lebih terorganisir, serta gampang dalam melakukan perubahan-perubahan. Versi 1.0.3 masih dalam tahap beta, dalam arti masih jauh dari sempurna dan masih harus dilakukan perbaikan dan testing lanjutan. Adapun fasilitas atau fitur yang telah ada dan stabil pada versi 1.0.3 ini adalah :
  • Modul Data Master
  • Modul Surat Menyurat
  • Modul Perjalanan Dinas
  • Modul SK & Perda (Hanya di GARIS XP 1.0.3)
  • Modul Laporan-laporan
Selain kelima modul-modul diatas ada kemungkinan dalam waktu dekat ini akan ada beberapa penambahan-penambahan fitur lainnya. Fitur yang akan kemungkinan saya tambahkan pada aplikasi ini (mungkin hanya merupakan fitur tambahan) diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tutorial
  • Help & Manual
  • File Installer
Fitur tutorial merupakan fitur tambahan yang menurut saya akan menjadi nilai lebih dari aplikasi ini. Saya tidak akan membuat fitur tutorial ini, fitur yang biasa-biasa, tapi akan saya sebut fitur ini interaktif tutorial. Mengapa saya sebut demikian memang fitur ini akan saya buat se-interaktif mungkin sehingga anda seperti menonton video tutorial di youtube atau di media player anda. Untuk merelalisasikan tutorial interaktif ini saya akan memperlengkapi senjata saya dengan aplikasi atau library yang bernama Sikuli. Harap bersabar untuk menantikan kabar berikutnya pada tulisan saya berikutnya.

Wassalam,
Muhamad Wibawa