Target tahun 2011

Kita berjumpa lagi di halaman blog yang sempit ini. Kali saya akan menguraikan target saya untuk di tahun 2011 ini, walaupun agak telat bagi saya untuk membahasnya disini tapi saya ingat pepatah "lebih baik telat daripada tidak sama sekali". Baiklah tapi panjang lebar lagi berikut ini yang menjadi target saya untuk tahun 2011 :
  • GARIS, Government Archieves Information Systems (Code Name : Magnolia)
  • SIM RS, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, (Code Name : Venus iMedis Versi Desktop)
  • SIMGAJI, Sistem Informasi Manajemen Penggajian (Code Name : Payday)
  • SIMKESMAS, Sistem Informasi PUSKESMAS (Code Name : Biomedic)
  • ACIS, Accounting Information Systems (Code Name : Kaladamastra)


Yang paling pertama yang akan saya uraikan adalah sistem aplikasi GARIS, aplikasi ini ditujukan untuk membantu pencatatan dan pengelolaan arsip-arsip di Pemerintah Daerah. Arsip-arsip tersebut antara lain adalah pencatatan surat masuk, surat keluar, surat tugas, surat perjalanan dinas, laporan pertanggungjawaban perjalanan dinas, dan sebagainya yang ada hubungannya dengan pengelolaan arsip disuatu instansi / dinas di Pemerintahan daerah. Untuk lebih lanjutnya akan saya uraikan pada halaman terpisah beserta penjelasan lebih rinci dengan gambar.

Aplikasi kedua yang menjadi 2 target utama tahun ini adalah, Venus iMedis versi desktop. Kenapa saya sebutkan versi desktop, karena sebelumnya sudah pernah ada aplikasi iMedis ini tetapi untuk versi web application. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengelola transaksi-transaksi rumah sakit seperti pendaftaran rawat jalan, kasir rawat jalan, medical record dsb. Aplikasi ini pun akan saya bahas secara terperinci pada halaman lain. Untuk informasi iMedis versi web dapat dilihat pada website berikut.

Aplikasi selanjutnya adalah SIMGAJI, aplikasi ini merupakan program aplikasi yang diperuntukan bagi pengelolaan penggajian PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang tentunya untuk pemerintahan daerah. Fasilitas-fasilitas yang terdapat pada aplikasi ini antara lain pencatatan data pegawai, pencatatan jabatan struktural, fungsional, tunjangan jabatan, tunjangan fungsional, tunjangan keluarga, pencatatan pensiun, pencatatan mutasi pegawai, dan tentunya penghitungan gaji pegawai. Aplikasi SIMGAJI untuk saat ini belum dimulai proses pembuatannya dan pengerjaan juga tidak 100% dikerjakan oleh saya, namun saya dibantu oleh salah seorang teman saya yang beliau juga kerjaannya sebagai programmer, tapi lebih senior daripada saya. Aplikasi ini tidak akan saya bahas terlalu rinci, namun tetap saya akan mencoba membagikannya kepada kalian semua pada halaman terpisah.

Aplikasi SIMKESMAS sebenarnya merupakan pengembangan aplikasi yang lebih sederhana dari SIMRS, dan saya tidak terlalu panjang menjelaskan aplikasi ini, karena pada dasarnya aplikasi ini serupa dengan aplikasi SIMRS.


ACIS merupakan aplikasi yang serupa dengan Jamparing Akuntansi, namun yang membedakan dengan aplikasi Jamparing diantaranya adalah gratis, open-source, dan lisensinya milik saya (He...he...). Selain itu ACIS ini atau saya sebut saja kaladamastra, rencanannya akan dibuat 4 versi, yaitu Kaladamastra Standard Accounting, Kaladamastra Personal, Kaladamastra Accounting for Project, Kaladamastra Cost Accounting. Masing-masing versi tersebut akan saya bahas di halaman terpisah secara lebih terperinci.

Sekian uraian mengenai target aplikasi yang akan saya kembangkan untuk tahun 2011, semoga semua maupun sebagian target tersebut tercapai di tahun ini, amin. Kita akan berjumpa kembali pada kesempatan yang lainnya.


Wassalam,
Muhamad Wibawa


Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah